Profil Instansi

Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2)

Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan Jakarta Selatan adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 369 Tahun 2016 tentang   Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pendidikan, menetapkan Peraturan Gubernur tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan.

P2KPTK2 merupakan Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendidikan dalam pelaksanaan kegiatan Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan, yang memiliki tugas melakukan Pengembangan Kompetensi, kecakapan atau keahlian tertentu yang dimiliki oleh pendidik dan tenaga kependidikan serta pendidik produktif yakni pendidik yang mengajar mata pelajaran produktif di SMK.

melayani Pelatihan Pengembangan Kompetensi bagi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan. Pelaksanaan Sertifikasi Program Kejuruan Bisnis dan Manajemen yang meliputi program Keahlian Akuntansi, Program Keahlian Administrasi Perkantoran dan Program Keahlian Pemasaran. Dalam pelaksanaan pelatihan, P2KPTK2 Jakarta Selatan senantiasa menjalin kerjasama dan kemitraan dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DU/DI) demi kepentingan Pendidik dan peserta didik serta guna lebih mempersiapkan para peserta didik lulusan SMK untuk siap pakai di dunia kerja dan bahkan mampu mempersiapkan lapangan kerja sesuai dengan kompetensinya.

P2KPTK2  Jakarta Selatan berdiri pada tahun 2004 dengan nama Balai Pelatihan dan Pendidikan Kejuruan (BPPK Lenteng agung). Pada awal berdiri berdampingan dengan SMKN 62 Jakarta Selatan sebagai laboratorium praktek kegiatan pelatihan dan pendidikan bagi siswa dan guru. Sesuai dengan perkembangannya maka SMKN 62 akhirnya berdiri sendiri sebagai Unit Kesatuan Pendidikan dibawah pembinaan dan pengawasan Suku Dinas Pendidikan Menengah Kota administratif Jakarta Selatan.

Dalam melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi tersebut, P2KPTK2 Jakarta Selatan didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak 15 Pegawai yang berstatus PNS Tetap, Tenaga PJLP Dinas Pendidikan sebanyak 16 orang. Kualifikasi Sumber Daya Manusia tenaga strukural berjenjang mulai dari jenjang pendidikan SMA hingga S2. Sedang tenaga Fungsional rata-rata berpendidikan S1 dan S2, 90% diantaranya sudah bersertifikat assesor kompetensi. Tidak kita pungkiri bahwa perkembangan SDM merupakan hal yang tidak bisa diremehkan, karena SDM bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal dasar / utama atau aset bagi institusi atau organisasi yang baik dan berkualitas. Dengan demikian diharapkan hasil output P2KPTK2 Jakarta Selatan dapat memiliki kualitas yang lebih baik.

Berbagai Kegiatan Pelatihan disusun agar dapat mencapai Visi Misi yang diharapkan oleh P2KPTK2 Jakarta Selatan, diantaranya adalah Pelatihan-pelatihan : Microsoft Office bagi guru, Assesor, Retail bagi guru, program Accurate, Kompetensi Guru SMK Pemasaran, dan Akuntansi, Komputer bagi Guru SMK, Open Office (LINUX), Program MYOB, Kewirausahaan, Peningkatan Karakter Guru SMK, Point Of Sale Perusahaan, Prinsip Bekerja bagi kasir, Program Akuntansi Zahir programme, SDM untuk Pengembangan dan Verifikasi serta program / kegiatan Pelatihan lainnya yang dibutuhkan oleh Guru-guru SMK. Program / kegiatan Pelatihan tersebut selain diberikan kepada Guru, juga dilaksanakan bagi siswa SMK, Pelatihan Kompetensi sosial kepribadian, Kompetensi bagi guru Inklusi, Metode pembelajaran bagi pendidik, Pelatihan Kompetensi peningkatan mutu bagi Wakil Kepala Sekolah, Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, dan Pengawas Sekolah, sehingga diharapkan ada peningkatan kualitas Pendidikan di Jakarta khususnya, dan Indonesia pada umumnya. selain itu juga peningkatan mutu dilakukan melalui kegiatan-kegiatan Pelatihan Kompetensi yang berkualitas dan sesuai standar yang ditetapkan Kemendikbud dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta  bagi  Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan.

Disamping itu P2KPTK2 Jakarta Selatan melalui LSP P2KGK Jakarta Selatan juga melakukan beberapa jenis pelayanan sertifikasi metodologi,  mentoring dan pengujian (Uji Kompetensi Keahlian) untuk peserta didik SMK , bekerjasama dengan Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI) dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P2KGK Jakarta Selatan.

Akhirnya P2KPTK2 Jakarta Selatan berusaha menjadi salah satu barometer tempat pelatihan dan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Procvinsi DKI Jakarta dan sesuai dengan tugas pokoknya dalam melaksanakan Pelatihan bagi  Pendidik dan tenaga kependidikan dan  kejuruan dengan mengusung rencana strategis, rencana program kegiatan pelatihan serta rencana kerja yang bermutu dan professional serta dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki jiwa yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar, meliputi pembentukan manajerial pendidikan, aktivitas serta kemampuan manajerial yang dibutuhkan seorang pendidik, tenaga kependidikan maupun peserta didik kejuruan sebagai SDM yang handal di dunia usaha dan dunia industri.